BLUE OCEAN STRATEGY



( Langkah bijak memenangkan persaingan )

Problem Bisnis Saat ini :
-         Persaingan yg ketat
-         Perkembangan pola dan selera konsumen
-         Faktor Teknologi
-         Ketersedian Bahan Baku
-          
Pelaku Bisnis ( Actors )
1.Company
        Perusahaan kita
        Bagaimana Mengenalinya ?
-          Tujuan-tujuannya
-          Pendirinya
-          Budaya perusahaan
2.Costumer
   Pelanggan yg konsisten memberikan kontribusi terhadap perusahaan
   Bagaimana Mengenalinya
   Faktor –faktor yg mempengaruhi perilaku konsumen                                     
-          Proses Membeli
3.Competitor
   Pesaing
   Perusahaan yang menghasilkan produk dengan fungsi yang sama dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan kita
    “Pesaing adalah sparing partner dalam mendorong terciptanya kreatifitas”
   Bagaiman Memahami Kondisi Persaingan
-          Persaingan dalam industri
-          Ancaman Pendatang baru
-          Ancaman Produk Subsitusi
-          Kekuatan tawar pembeli
-          Kekuatan tawar supplier

Paradigma Mengatasi Persaingan

Konvensional

Red Ocean Strategy
-         Berhadapan langsung dng pesaing
-         Menggunakan hal yg standard
-         Persaingan sengit
-         Dana yg besar
-         Tingkat keberhasilan yg tidak menjanjikan

Paradigma Baru

Blue Ocean Strategy
-     Tidak secara langsung                                      
-         Membuat kompetisi tdk relevan
-         Penciptaan nilai


                       





           

Perbandingan

Red Ocean Strategy
Blue Ocean Strategy
*      Bersaing dalam ruang pasar yg sudah ada
*      Memenangkan kompetisi
*      Memilih pola Value Biaya
*      Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dng pilihan strategis diferensiasi atau low cost
*      Menciptakan ruang pasar baru
*      Menjadikan kompetisi tdk relevan
*      Menciptakan & menangkap permintaan baru
*      Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah
                       
Contoh  Penerapan Strategy Samudera Biru
Cirque de soil
Bila menerapkan red ocean
“ mencari pemain dan binatang sirkus yang hebat “
Bila menerapkan blue ocean
“ memadukan sirkus dan theater “        
                       

Langkah Menerapkan strategi samudera biru
 1.Upaya merenkontruksi pasar
               - Review struktur industri

2. Upaya fokus pada gambaran yg besar
               - Visi yang tepat
   - Riset pasar

3. Upaya menjalankan strategi secara benar
Strategi samudera biru adalah rangkaian strategi yang berhubungan dengan :
-         Utilitas pembeli
-         Harga
-         Biaya
-         Adopsi produk

4. Upaya mengatasi rintangan organisasi
-         Resitant to change

5. Upaya mengitegrasikan eksekusi kedalam strategi
   - Creation Tactic






What is Pocari Sweat?

POCARI SWEAT is a mild tasting,
refreshing drink which replenishes body fluids lost through perspiration. It is quickly absorbed into the body. It is thus recommended as a beverage for physical activities such as sports and exercise.

A lot. The lessons start with the vision of Ratan Tata, chairman of Tata Motors' parent, Tata Group, to create an ultralow-cost car for a new category of Indian consumer.



































SUMBER DAYA MANUSIA


MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
BAB I
PENDAHULUAN
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) bukanlah sesuatu yang baru dilingkungan suatu organisasi, khususnya dibidang bisnis yang disebut perusahaan.Bersamaan dengan kecenderungan manusia untuk bekerjasama didalam organisasi itu, telah berlangsung juga perilaku manusia untuk memanfaatkan atau mendayagunakan manusia dalam rangka mencapai suatu tujuan. Usaha itulah dalam abad modern sekarang iniyang disebut manajemen.
Beberapa istilah lama yang pada masa ini dirasakan telah usang di antaranya disebut “Administrasi Personil”, atau “Manajemen Personalia”, atau “Administrasi Kepegawaian”, atau “Tatalaksana Kepegawaian” dan lain-lainyang sejenis. Demikianlah kenyataan pada Manajemen SDM yang oleh masyarakat ilmiah dibidangnya dewasa ini dipandang sebagai wujud kebenaran ilmiah yang terbaik untuk diimplementasikan dilingkungan organisasi sebagai proses kerjasama manusia, khususnya dalam bentuk usaha di bidang perekonomian, yang biasa disebut perusahaan atau industri. Perusahaan atau organisasi yang mengimplementasikan manajemen SDM secara sungguh-sungguh, baik dan benar, ternyata telah berhasil mewujudkan eksistensinya secara kompetitif dan mencapai sukses seperti diinginkan.
A.MANUSIA DAN ORGANISASI.
Manusia adalah makhluk Tuhan YME yang kompleks dan unik dan diciptakan dalam integrasi dua substansi yang tidak dapat berdiri sendiri. Substansi pertama disebut tubuh (fisik/jasmani) sebagai unsur materi, sedang substansi kedua disebut jiwa (rohani/psikis)yang bersifat sebagai unsur non-materi. Dalam keterpaduan kedua substansi itu manusia menjalani hidup dan kehidupan yang kompleks dan unik. Salah satu keunikannya yang mendasar adalah kehidupannya yang dibekali dengan hakekat kemanusiaan (manusiawi) yang terdiri dari :
 
1.Hakekat Individualitas.

Setiap individu manusia menyadari identitasnya yang tidak sama dengan individu yang lain. Setiap individu menyadari identitasnya yang tidak sama secara fisik dan psikis dari individu yang lain. Dalam ketidaksamaan itu, setiap manusia tampil sebagai individualitas, dan memerlukan perlakuan sesuai individualitasnya masing-masing.

2.Hakekat Sosialitas.
Setiap masnusia sebagai individu memerlukan ndividu yang lain. Tidak seorangpun manusia di muka bumi ini yang dapat hidup sendiri dan menyendiri tanpa komunikasi dengan sesama manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki hakekat sosialitas (kebersamaan) berupa kecenderungan untuk berada bersama pada satu tempat dan waktu yang sama, dengan saling berinteraksi.

3.Hakekat Moralitas.
Setiap manusia sebagai individu untuk dapat hidup secara harmonis bersama individu yang lain dalam bentuk masyarakat harus mampu membatasi diri masing-masing.
Dari uraian-uraian diatas jelas kiranya bahwa terbentuknya organisasi khususnya dalam bentuk usaha atau perusahaan, oleh hakekat kemanusiannya. Usaha ituyang dilakukan manusia melalui organisasi termasuk dalam bentuk perusahaan, pada dasarnya tertuju pada pemenuhan kebutuhan (need) sebagai manusia. Kemampuan memenuhi kebutuhannya itu merupakan prasyarat penting dalam menempatkannya pada kedudukan sesuai manusia.
Kebutuhan manusia antara lain :

1)Kebutuhan Fisik/Jasmaniah yang terdiri dari :

a). Kebutuhan Pangan (makan dan minum).

b). Kebutuhan Sandang (pakaian) dan Papan ( Perumahan).

c). Kebutuhan Seks (meneruskan keturunan).

d). Kebutuhan Kesegaran Jasmani berupa Udara Segar, Istirahat, dan Rekreasi termasuk
Olah Raga.

2)Kebutuhan Psikologis yang terdiri dari:

a). Kebutuhan Rasa Aman (Fisik dan Pikir).

b). Kebutuhan akan Kepastian Masa Depan, termasuk memperoleh pendidikan yang
memadai.
c). Kebutuha Sosial antara lain kebutuhan diakui/diterima dan dihormati, kebutuhan realisasi dan aktualisasi diri, kebutuhan kekuasaan dan lain-lain di dalam masyarakatnya.

3)Kebutuhan Spiritual.
Kebutuhan ini terutama sekali berbentuk kebebasan memeluk dan beribadah menurut agama masing-masing.
Dalam kenyataannya manusia berorganisasi adalah untuk bekerja dalam rangak memenuhi kebutuhannya, sedang sebaliknya kebutuhan itu pulalahyang menjadi obyek manusia berorganisasi yang disebut perusahaan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Go Blogger Indonesia

Go Blogger Indonesia
Go Blogger Indonesia

Popular Posts

 

http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |