Pengertian Page Rank


Apa sih Pagerank itu


Berdasarkan yang ada di http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank, definisi dari Google PageRank adalah sebuah fungsi algoritma yang diciptakan oleh pendiri perusahaan Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin dan telah dipatenkan secara hukum. Fungsi utamanya yaitu untuk menentukan website mana yang lebih populer ataupun lebih penting. Namun dalam perkembangannya Google Pagerank erat kaitannya dengan kepercayaan (TRUST) dan Authority (otoritas) sebuah website. Semakin tinggi pageranknya maka akan semakin terpercaya oleh user maupun search engine akan kebenaran informasinya. Selain itu Crawler bots (spider bots) dari Google akan lebih sering berkunjung untuk melakukan indeks terhadap website yang memiliki Google Pagerank tinggi karena search engine merasa bahwa konten - kontennya memiliki kualitas yang tinggi. Hight page rank






Google Pagerank

1.      Pagerank hanyalah salah satu cara dari banyak cara milik Google untuk mengukur relavansi dan seberapa pentingnya halaman website.

2.      Google memberikan pemahaman singkat apabila suatu halaman website memberikan link ke suatu halaman website lain maka itu akan dianggap sebagai VOTE. VOTE tersebut akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank website tersebut. Semakin banyak vote maka akan semakin baik.


3.      Tetapi perlu diingat bahwa vote tersebut berbeda tingkatan kualitasnya (link berkualitas) antara yang satu dengan yang lainnya. Berbeda di sini dalam arti ada yang sangat berharga, sedang, sampai tidak terlalu berharga. Semua tergantung dari aspek kepercayaan (trust), relavansi, dan otoritas (authority) halaman website tersebut.


4.      PR (A) = (1-d) + d (PR (t1) / C (t1) + ... + PR (tn) / C (tn)). Itu merupakan persamaan yang digunakan Google untuk menghitung PageRank suatu halaman, namun dalam perkembangannya akan selalu berubah - ubah dan lebih rumit. Tidak ada yang tahu secara pasti cara kerjanya (kecuali mungkin yang kerja di Google bagian ngurusin Pagerank)


5.      Vote (backlink) dari halaman website yang berkualitas buruk seperti website spam, website porno, website perjudian, dll tidak berdampak negatif terhadap Pagerank halaman website yang diberikan vote.


6.      Konten tidak diperhitungkan ketika Pagerank dihitung


7.      Usia website tidak mempengaruhi penilain pada Google Pagerank


8.      Google Pagerank bukanlah diperuntukkan bagi keseluruhan website layaknya Alexa Rank tetapi Google Pagerank diperuntukan bagi setiap halaman website.


9.     Setiap Link Masuk adalahpenting namun untuk website - website terlarang diberikan pengecualian


10.  Nilai pagerank antara 0 - 10 dimana semakin tinggi nilainya maka akan semakin sulit serta semakin membutuhkan banyak link masuk (inbound link) berkualitas.


11.  Pagerank diupdate secara berkala dan biasanya sekitar 3 bulan 1x


12.  Pagerank dihitung sepanjang waktu namun yang kita lihat di Google Toolbar hanyalah update Pagerank yang dilakukan sekitar 3 bulan 1x


13.  Nilai PageRank sebenarnya tidak berkisar dari 0 sampai 10. PageRank adalah sebuah angka floating point (titik ambang). Berikut adalah terjemahan dari yang disampaikan kepala pemberantas SPAM dari Google "Ini lebih akurat untuk menganggapnya sebagai suatu-angka floating point. Tentu saja internal kita PageRank perhitungan memiliki lebih banyak derajat resolusi dari nilai 0-10 ditunjukkan pada toolbar [http://www.mattcutts.com/blog/more-info-on-pagerank/ ]


14.  Google PageRank diyakini dihitung pada skala logaritmik . Skala logaritmik ini artinya adalah perbedaan antara PR4 dan PR5 mungkin sekitar 5-10 kali lipat lebih sulit dibandingkan perbedaan antara PR3 dan PR4. Dan ada pula kemungkinan untuk mendapatkan tingkatan Pagerank 6 berarti 100 kali lebih sulit.

Apa Saja Yang Memberikan Dampak Pada Google PageRank?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

1.  Inbound link dari suatu halaman berkualitas akan berdampak besar pada kenaikan Google Pagerank suatu halaman website


2.      Internal linking dapat mempengaruhi aliran perhitungan Google Pagerank


3.      Link keluar (eksternal link) akan mempengaruhi perhitungan Google Pagerank


4.      Setiap inbound link itu penting untuk total keseluruhan untuk penentuan Pagerank. Kecuali inbound link dari website yang terlarang. Berikut adalah sedikit terjemahan dari Google Pagerank FAQ (http://www.seochat.com/c/a/Google-Optimization-Help/Google-PageRank-Frequently-Asked-Questions/) "adalah PageRank suatu bentuk sistem voting. Link ke halaman adalah suara untuk halaman tersebut. Tinggi PageRank halaman dilihat oleh Google sebagai lebih penting. suara mereka diberikan nilai lebih oleh Google - nilai lebih jauh, dalam beberapa kasus. Secara umum, link suara lebih, semakin kuat PageRank


5.      Inbound Link dariwebsite yang memiliki kesamaan topik akan lebih besar pengaruhnya terhadap Google Pagerank


6.      Kegitana Illegal yang jelas - jelas dilarang oleh Google seperti cloacking, link farm, teks tersembunyi,, Spamdexing dan hal - hal lainnya yang erat kaitannya dengan Black Hat dapat menghilangkan tingkatan Google Pagerank hingga 0


7.      Anchor Text akan berpengaruh terhadap nilai Pagerank karena akan mempengaruhi relavansi 

Apa Saja Yang Tidak Berdampak Pada Google Pagerank ?


Berikut adalah beberapa ringkasan mengenai beberapa hal yang tidak berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank, tetapi perlu diingat bahwa ini hanyalah sebagian saja.

1.      Pagerank tidak dihitung berdasarkan usia


2.      Inbound Link dengan Nofollow atribut tidak akan dihitung


3.      Inbound link dari DMOZ tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)


4.      Inbound Link dari Yahoo Directory tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap pagerank (bukan berarti tidak berpengaruh)


5.      Sub-direktori tidak harus memiliki Page Rank yang lebih rendah dari root-direktori. Tergantung pada popularitas  subdirektori tersebut.


6.      Meta-Tags tidak akan meningkatkan PageRank


7.      Inbound link dari website berkualitas buruk tidak memiliki pengaruh pada Google Pagerank


8.      Load Speed Website tidak berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank 

Jangan Terpengaruh Pagerank


Banyak webmaster yang sangat terpengaruh atau bahkan terobsesi dengan tingkatan pageranknya entah itu karena bisnis, gengsi, atau apapun itu. Mereka melupakan hal yang terpenting yaitu kualitas website dan kontennya. Padahal kualitas website dan kontennya merupakan hal yang sangat fatal. Konten adalah nomor satu. Apalagi era google panda alogarithm 100 % konten buatan anda akan menambah page rank anda. Jika kalian memiliki konten yang berkualitas maka baik user maupun search engine akan mengikuti kalian dan itu akan berdampak pada tercapainya tujuan kalian. Lagipula jika kualitas konten kalian bagus maka tidak menutup kemungkinan para pembaca yang memiliki blog akan memberika link kepada kalian secara cuma - cuma! Hal tersebut tentu nantinya akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank kalian.
Setuju?

Frekuensi Update GooGle




Google selalu update algoritmanya untuk lebih relavan, lebih segar, dan lebih cepat demi kebutuhan para penggunanya yang semakin berkembang. Dengan perubahan update berkesinambungan yang dilakukan oleh pihak Google, maka diharapkan para pengguna tidak akan beralih ke mesin pencari yang lain. Sepertinya kita sebagai blogger maupun pemilik website dan lebih khususnya para pelaku SEO harus mengerti sedikit demi sedikit perubahan - perubahan yang terjadi untuk menghadapi segala perubahan tersebut sehingga kita mendapatkan dampak positif yang maksimal. 

Google Freshness



Baru - baru ini diumumkan lagi algoritma baru dalam posting di Google Official Blog yang ditulis oleh Amit Singhal pada tanggal 11/03/2011 08:19:00 AM . Dalam tulisannya disebutkan bahwa Google freshness merupakan algoritma baru hasil pengembangan dari update algoritma GOogle caffeine di tahun 2010. Dengan algoritma baru ini Google dapat mengindeks lebih cepat dalam mencari halaman website yang baru diupdate, dengan begitu pengguna mesin pencari dapat mengetahui berita terbaru dengan cepat. Perubahan algoritma ini mempengaruhi sekitar 35% dari pencarian.




 

Memahami Lebih Dalam Google Freshness


Pola pikir yang perlu dibangun dalam update Google freshness sepertinya cukup penting mengingat perubahan ini akan berdampak sampai 35% dari hasil pencarian.
Apa sajakah yang mempengaruhi algoritma tersebut?
Berikut adalah data - data yang berhasil saya kumpulkan setelah membaca beberapa website :)
  1. Tanggal update konten yang dilakukan
  2. Seberapa seringnya perubahan dari halaman dilakukan
  3. Analisis pencarian branding dari waktu ke waktu
  4. Perubahan link yang terjadi
  5. Anchor text
  6. Perubahan lalu lintas website
  7. Perilaku pengunjung (Apakah melakukan konten sindikasi, like facebook, atau social media lainnya)
  8. Perubahan registrasi domain
  9. Bookmark oleh pengunjung
  10. Keterkaitan topik dengan yang lain
      Sepertinya perubahan yang dilakukan cukup kompleks yahh?? kalau begini pasti bakalan susah untuk memenangkan persaingan!


    Pertumbuhan Link  Berpengaruh!


     

    Well, sepertinya link building tetap menjadi topik utama yang patut diperbincangkan!


    Dalam artikel http://searchenginewatch.com/article/2125272/Google-Freshness-and-Temporal-Data
    dikatakan bahwa kesegaran link turut berpengaruh dalam update algoritma terbaru ini.

    Evaluasi Pertumbuhan Link


    Berikut adalah beberapa evalusi yang "mungkin" diperhatikan Google.
    1. Kapan link baru mengarah ke halaman kalian?
    2. Kapan link lama yang mengarah ke halaman kalian dihapus?
    3. Seberapa banyak link tersebut muncul dan menghilang dari waktu ke waktu?
    4. Apakah ada kecenderungan yang besar antara outbound link dan inbound link?
    5. Kapan perubahan anchor text dilakukan?
    6. Kapan perubahan isi konten yang berisi link dilakukan?
    7. Kapan update konten yang memiliki link ke website kalian dilakukan?
    8. Apakah dokumen yang memiliki link ke website kalian memiliki otoritas?
       Banyak sekali faktor - faktor yang diperhatikan oleh Google, tidak hanya sebatas pada fokus update konten melainkan sampai link! Pastilah sulit memanipulasinya.

      Kesimpulan


      Sepertinya sekarang sudah bukan jamannya lagi fokus dengan pagerank dech, menurut saya update aja yang banyak dan taruh di social media agar cepat perkembangan link buildingnya. Jika konten yang kalian tulis bagus sudah pasti orang - orang akan melakukan like, retweet, bookmark, copy paste konten dengan menyisipkan link dengan begitu link growth kalian akan berjalan dengan baik dari waktu ke waktu.
      Dikutip Dari www.mizzu.net.
      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

      Go Blogger Indonesia

      Go Blogger Indonesia
      Go Blogger Indonesia

      Popular Posts

       

      http://www.jhoeydhyn.blogspot.com | |